Optimalisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
Abstract
Peningkatan kompetensi Guru PAI di Kota Sukabumi salah satunya dilakukan dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Asumsinya adalah program tersebut dapat meningkatkan kinerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan pada Guru PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru PAIĀ di Kota Sukabumi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini menghasilkan tawaran gagasan mengenai optimalisasi PPKB yaitu melalui beberapa tahap berikut (1) Evaluasi diri; (2) Penyusunan profil guru berdasarkan capaian awal; (3) Pengembangan PPKB guru PAI dengan beberapa tahapan pelatihan; (4) Pelaksanaan PPKB PAI sesuai sesuai dengan ketercapaian penilaian awal yang menggambarkan profil guru PAI; (5) Pengawas PAI melakukan evaluasi terhadap implementasi PPKB. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa PPKB dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja Guru PAI secara terukur, sistematis, dan berkelanjutan.