KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS MIFTAHUL ULUM CERMENAN JOMBANG

Abstract

Kepemimpinan sangat dibutuhkan di dalam suatu madrasah terutama kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah juga dibutuhkan untuk suatu mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari madrasah. Tujuan penelitian:1. Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang.  2.Mendeskripsikan mutu tenaga pendidik di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desaian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing. Hasil penelitian: 1. Kepemimpinan kepala madrasah di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang sudah cukup baik. Beliau bertanggungjawab terhadap lembaga di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Disini gaya yang digunakan kepala madrasah untuk memimpin yaitu dengan menggunakan gaya demokratis yaitu dimana kepala madrasah selalu mendekatkan diri dengan para guru, siswa dan para pegawai madrasah dengan tujuan untuk membimbing atau mengayomi para guru agar melaksanakan tugas dan kewajibannya. 2. Kepala madrasah merupakan orang yang sangat berperan penting dalam kualitas atau mutu dari madrasah itu sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kepemimpinan dari kepala madrasah untuk melakukan peningkatan mutu dari tenaga pendidik. Kinerja tenaga pendidik dapat dilihat dari kinerja tenaga pendidik sebagai sesuatu yang dicapai, prestasi yang diperlihatkan, kemampuan kerja penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan dalam pendidikan secara efektif dan efisien. Hal ini yang dilakukan di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang dimana kepala madrasah menempatkan tenaga pendidik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tenaga pendidik itu tersebut karena dilihat dari keprofesionalan.