Meningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Berbasis Projek pada Siswa SMP

Abstract

Dengan meningkatnya hasil belajar siswa, diharapkan hasil tulisan siswa menjadi lebih baik. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dengan masinig-masing siklus terdiri dari empat langkah dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Arikunto, yaitu ( 1 ) rancangan/rencana awal, (2) Kegiatan dan pengamatan, (3) Refleksi, dan (4) Rancangan/rencana yang direfisi. Berdasarkan hasil penelitian selama tindakan, ada perubahan yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas VII/H SMP Negeri 1 Cikancung semester 2 tahun ajaran 2019/2020 dalam mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu ketika digunakan menggunakan metode pembelajaran berbasis projek. Sebelum dilakukan penelitian siswa diberikan soal pre-tes, dan hanya 22,5% siswa yang mampu menulis teks deskriptive. Pada tahapĀ  siklus 1 ada peningkatan siswa yang mampu menulis teks deskriptive menjadi 57,5 , sedangkan pada siklus ke dua menjadi 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa penggunaan strategi menggunakan metode pembelajaran berbasis projek dapat meningkatakan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks deskriptive.