Pengaruh Pembelajaran Daring dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif bila ada titik temu dalam interaksi antara para guru dan siswa-siswa dan materi yang dipelajari. Adanya wabah COVID-19 tentu menyebabkan banyak kendala dan masalah yang dihadapi atau dialami oleh para guru dan para siswa pada proses kegiatan belajar dan mengajar. Kendala tersebut akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Tidak hanya itu, cara siswa belajar di rumah yang tidak efektif pun ikut turut ambil bagian dalam kondisi hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Artikel ini ditulis untuk menjadi wujud usaha dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan prestasi siswa, membangun kesadaran diri siswa, dan menumbuhkan kedisiplinan siswa. Metode yang dipraktikkan oleh peneliti dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tes sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil pembelajaran daring dinilai kurang memuaskan karena berbagai macam kekurangan. Ringkasan penelitian ini pada dasarnya adalah usaha mencari solusi terkait kondisi hasil pembelajaran tersebut.