Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Anak Tunagrahita

Abstract

Kegiatan belajar-mengajar tidak terlepas dari media sebagai sumber belaja, penggunaan media dimaksudkan untuk memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran. Penelitian dilakukan untuk membantu mempermudah siswa dalam menerima materi dan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (daring) memberikan tantangan yang berbeda, dengan menggunakan media komik pada materi pembelajaran diharapkan dapat diterima dan dipahami dengan baik. Fungsi komik disini sebagai media pembelajaran dibuat lebih menarik, dengan membuat komik berbasis digital dimana tokoh karakter yang ada di dalamnya adalah anak-anak yang menjadi obyek dari penelitian. Penelitian dilakukan pada peserta didik Tunagrahita SDLB kelas V di SKHN 01 Kota Serang. Dalam penelitian ini seluruh kegiatan belajar siswa dalam PJJ didokumentasikan sebagai bahan pembuatan komik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang efektif untuk membangun pembiasaan belajar keberlanjutan. Dengan membiasakan anak untuk belajar mandiri, perbaikan materi komik di fokuskan pada tema kegiatan sehari-hari. Komik ini memiliki pesan yang dapat tersampaikan, pada penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan sehingga aspek yang diteliti mengenai pemahaman anak pada materi menunjukan peningkatan yang positif, dukungan dan bimbingan orang tua pada anak untuk mengalami proses pembelajarannya sendiri, sangat mempengaruhi peningkatan pemahaman anak. Simpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan media komik dalam PJJ dapat meningkatkan pemahaman anak pada materi yang telah disampaikan. Terutama pada anak Tunagrahita, ini dapat menjadi kunci alternatif untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.