Pelatihan Daring Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru di Era Pandemi
Abstract
Pandemic Covid-19 menjadi awal transformasi Pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya berjalan secara luring, harus Beralih ke pembelajaran daring sehingga guru dituntut untuk dapat menyajikan Pembelajaran yang relevan. Tuntutan ini membuat guru harus meningkatkatkan kompetensinya, terutama kompetensi penguasaan teknologi informasi. Berbagai aplikasi online dapat dimanfaatkan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, mulai dari Whatsapp, zoom meeting, google meet, google classroom, padlet dan aplikasi lainnya. Pemanfaatan aplikasi yang variative akan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Untuk dapat menggunakan berbagai fitur pembelajaran yang menarik dan efektif, seorang guru harus meningkatkan wawasan dan kemampuannya, salah satunya melalui pelatihan secara daring. Dari beberapa penelitian yang dilakukan dan sudah dipublikasikan melalui jurnal ilmiah, maka didapatkan kesimpulan bahwa pelatihan daring cukup efektif dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru di era pandemic.