Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur optimalisasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) oleh guru SD dengan kunjungan rumah melalui supervisi akademik pengawas sekolah di lingkungan kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pembelajaran jarak jauh di Kecamatan Brangsong diduga banyak mengalami hambatan. Hambatan tersebut antara lain hambatan kemampuan dan ketaktersediaan perangkat, yaitu hp bagi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan solusi, yaitu kunjungan rumah. Seberapa jauh keberhasilan kunjungan rumah untuk keberhasilan PJJ di masa pandemi? Pengawas sekolah melaksanakan supervisi akademik untuk melakukan pemantauan dan pemberian motivasi agar guru SD tetap bersemangat melaksanakan PJJ selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alur penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru di dabin 3 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pengambilan data dilakukan bulan Agustus–September 2020 melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data tiap siklus dikonsultasikan dalam deskriptif persentase (%) dengan ketercapaian indikator kinerja 85% dan kriteria sangat baik. Perolehan rata-rata hasil penelitian siklus I sebesar 3,1 tingkat ketercapaian 78,21% kategori baik menjadi 3,52 dengan tingkat ketercapaian 88,57% pada siklus II kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepada guru dapat mengoptimalkan pelaksanaan PJJ kunjungan rumah di masa pandemi covid-19. Pengawasan dan motivasi kepada guru sangat menentukan keberhasilan PJJ kunjungan rumah, baik secara individu maupun kelompok kecil.