Penerapan Model Tutor Sebaya Berbantuan Media Presentasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa
Abstract
Penelitian dilaksanakan dalam rangka memperbaiki hasil belajar dan aktivitas siswa dalam memahami pelajaran Housekeeping melalui penerapan tutor sebaya dan dikombinasikan dengan media Power Point. Setting penelitian dilakukan di kelas XIIPH6 SMK Negeri 1 Kuta Selatan semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan pengambilan data menggunakan instrumen lembar evaluasi dan observasi unjuk kerja, serta lembar observasi aktivitas belajar. Sedangkan Teknik analisis datanya dilakukan secara kuantitatif dengan membandingkan hasil belajar dan aktivitas siswa sebelum menerapkan model tutor sebaya dengan setelah menggunakan model tutor sebaya. Adapun hasil penelitian yang didapat antara lain : (1) Hasil belajar yang meningkat dimana hasil Siklus ke I yaitu 76,58 untuk nilai pengetahuan, 74,05 untuk nilai keterampilan, dan 75,32 untuk untuk nilai rata – rata. Ketuntasan klasikal 72,97% untuk pengetahuan, 70,27 untuk keterampilan, dan 70,27 untuk nilai gabungan rata – rata. Setelah Siklus ke II hasil belajar bertambah menjadi 82,03 untuk pengetahuan, 80,85 untuk nilai keterampilan, dan 81,39 untuk nilai rata – rata. Ketuntasan klasikal sebesar 91,89% untuk semua aspek nilai. (2) Peningkatan aktivitas belajar dengan rata – rata 12,68 (Cukup Aktif) setelah tindakan Siklus ke I dan 14,16 (Aktif) setelah dilakukan tindakan Siklus ke II.