Marketing Communication Strategy in Facing Competition
Abstract
Penelitian ini disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran yang diterapkan Kelompok Usaha Bersama Kembang Ilung dalam menghadapi persaingan bisnis kerajinan anyaman eceng gondok adalah dengan jalan memasang iklan (Beriklan) dengan cara pembuatan leaflet/brosur dan pemasangan spanduk. Pemasaran Langsung (direct marketing) dilakukan dengan cara membawa hasil produk kerjainan tangan anyaman eceng gondok untuk dijual di pasar-pasar terdekat. Penjualan secara langsung dengan mendatangi tempat keramaian seperti pasar dan pameran ataupun tempat lainnya dan menawarkan produk-produk yang dihasilkan. Promosi penjualan (sales promotion) dengan membuat produk baru/sample yang kemudian dipromosikan baik secara door to door. Penjualan personal (personal selling) dengan cara menawarkan secara langsung ke buyer/exportir baik dalam daerah maupun luar daerah seperti ke Bali, Yogyakarta dan Palangkaraya. Pemasaran interaktif dilakukan dengan cara mempromosikan dan memasarkan produknya melalui internet yaitu dengan media sosial Whatsapp dan Instagram. Hubungan masyarakat (public relations) dengan memberikan pembinaan, pendidikan dan pelatihan produk kerajinan untuk meningkatkan pendapatan warga setempat. Hambatan dihadapi dalam penerapan komunikasi pemasaran Kerajinan Anyaman Eceng Gondok adalah penggunaan sarana dan prasarana sebagai alat penunjang promosi pemasaran masih belum maksimal. Kegiatan promosi belum dilakukan secara maksimal dan belum menggunakan semua media yang ada serta kurangnya sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi masih menjadi hambatan bagi KUB Kembang Ilung dalam upaya penerapan komunikasi pemasaran kerajinan anyaman eceng gondok. Solusi yang dilakukan Kelompok Usaha Bersama Kembang Ilung dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah KUB Kembang Ilung lebih gencar dalam melakukan kegiatan promosi, melakukan loby-loby kepada pihak pemerintah, melakukan peningkatan dan pengembangan SDM yang ada pada setiap anggota sehingga kinerja KUB Kembang Ilung berjalan dengan efisien, melibatkan kegiatan perusahaan dengan memanfaatkan media teknologi informasi, serta melakukan evaluasi dengan Strategi SWOT secara berkala.