Pengaruh Motivasi Bermain Game Online Mmorpg dan Dukungan Sosial Terhadap Adiksi Game Online Pada Remaja di Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara motivasi bermain game online dan dukungan sosial terhadap adiksi game online pada remaja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 270 remaja pemain game online MMORPG yang tersebar di Indonesia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adiksi game online yang disusun oleh Law dan Chang (2007) skala dukungan sosial yang disusun oleh Sarafino (1998), skala motivasi bermain game online yang disusun oleh Yee (2006). Uji validitas alat ukur menggunakan CFA dan analisis statistik menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara bersamaan motivasi bermain game online MMORPG dan dukungan sosial mempengaruhi adiksi game online. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, disarankan untuk menambahkan variabel lain.