Pengaruh motivasi berprestasi, self efficacy, dan dukungan sosial terhadap prestasi akademis mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi berprestasi (resiko pemilihan tugas, kesempatan untuk unggul, tanggung jawab, membutuhkan umpan balik, dan inovatif), self-efficacy (magnitude, strengh, dan generality), dan dukungan sosial (dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informatisional, dukungan penghargaan, dan dukungan network) terhadap prestasi akademis mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda yang melibatkan 218 mahasiswa semester V (lima) ke atas (perempuan 131; laki-laki 87), dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Alat ukur yang digunakan merupakan hasil adaptasi dari teori McClelland (1987), Skala General Self-Efficacy Ralf Schwazer (1996), dan untuk skala dukungan sosial diadaptasi dari dimensi-dimensi dukungan sosial yang dikemukakan oleh Cobb (Sarafino, 1994). Untuk pengujian validitas konstruk menggunakan Lisrel 8.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari motivasi berprestasi dan dukungan sosial terhadap prestasi akademis mahasiswa sebesar 13,6%, sisanya 86,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Variabel-variabel yang memberikan pengaruh tersebut adalah variabel tanggung jawab, kesempatan untuk unggul, dan dukungan penghargaan.