Pengaruh perfectionism dan dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan tesis dan disertasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perfectionism dan dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menyelesaikan tesis dan disertasi. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 112 mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari seluruh jumlah populasi sebanyak 1055 mahasiswa. Alat ukur prokrastinasi akademik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner model skala Likert yang diadaptasi dari Syahputri (2013). Alat ukur perfectionism yang digunakan adalah kuesioner model skala Likert yang dimodifikasi dari skala Multidimensional Perfectionism Scale (MPS) oleh Hewitt dan Flett (1991). Sedangkan alat ukur dukungan sosial yang digunakan adalah kuesioner skala Likert yang dimodifikasi dari alat ukur Interpersonal Support Evaluation List (ISEL) oleh Cohen, Kamarck, dan Hoberman (1985). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perfectionism dan dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menyelesaikan tesis dan disertasi dengan proporsi varians sebesar 25%. Berdasarkan hasil uji hipotesis minor, diperoleh 4 dimensi yang memiliki pengaruh signifikan yaitu other-oriented perfectionism, tangible support, appraisal support, dan self-esteem support.