Pengaruh gaya hidup, promosi dan demografi terhadap keputusan membeli smartphone blackberry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup, promosi dan demografi terhadap keputusan membeli smartphone blackberry. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi melibatkan 150 sampel pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2010/2011 sampai dengan tahun akademik 2012/2013. Sampel penelitian ini terdiri dari 150 responden yang masing – masing subjek diberikan skala dengan jumlah item sebanyak 75 item yang terdiri dari 8 item skala keputusan membeli smartphone blackberry, 29 item skala gaya hidup dan 38 item skala promosi. Skala demografi yang berupa 3 pertanyaan untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa gaya hidup, promosi dan demografi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli smartphone blackberry. Berdasarkan proporsi varian keseluruhan, keputusan membeli smartphone blackberry yang dipengaruhi independent variabel (gaya hidup, promosi dan demografi) memberikan sumbangan sebesar 32.2%. Sisanya sebesar 67.8% dapat dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dalam penjabarannya ditemukan hanya dua yang signifikan mempengaruhi keputusan membeli smartphone blackberry secara positif yaitu dimensi opini dan dimensi promosi penjualan. Variabel gaya hidup pada aspek opini memberikan sumbangan 25.4% dan variabel promosi pada aspek promosi penjualan dengan sumbangan 2.5%.