Pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization. Sampel penelitian sebanyak 275 orang dengan teknik non-probability sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari The Dimensions of Learning Organization Questionnaire (DLOQ), Emotional Quotient Index (EQI) dan Skala Budaya Organisasi. Uji validitas alat ukur menggunakan confirmatory F\factor analysis (CFA) dan analisis statistik menggunakan multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan budaya organisasi terhadap learning organization. Hasil uji hipotesis minor yang menguji signifikansi masing-masing independent variable mendapatkan bahwa terdapat lima aspek yang signifikan pengaruhnya terhadap learning organization, empat aspek dari variabel kecerdasan emosional, yaitu kesadaran diri, motivasi diri, empati, keterampilan sosial dan satu aspek dari variabel budaya organisasi, yaitu arah.