Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Angkringan Abah Agus Karawang
Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai proses pelayanan Angkringan terhadap Kepuasan para pelanggan. Sejalan dengan masalah tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu penelitian dengan memusatkan perhatian pada aspek-aspek tertentu dan menunjukan adanya hubungan antara berbagai variable, kemudian mengadakan deskripsi untuk memberikan gambaran yang jelas. Berdasarkan hasil analisa pada Angkringan Abah Agus Karawang, maka dapat disimpulkan nilai Koefisien korelasi antara kedua variabel X dan variabel Y dimana dihasilkan nilai r = 0,51 terdapat hubungan yang cukup kuat, dan didasarkan dari Koefisien regresi Y = 31,16 + 7,5 X, artinya jika nilai X bertambah maka nilai Y akan semakin besar. Hal ini telah dibuktikan melalui uji F, dimana hasil uji F memperlihatkan bahwa F-hitung >F-tabel yang dalam penelitian ini telah terbukti dan dapat diterima. Dan kepuasan pelanggan, berpengaruh positif dan signifikan berarti kedua variable dalam penelitian ini tidak adanya variabel yang lebih dominan sehingga dinyatakan tidak terbukti dan tidak dapat diterima. Berdasarkan temuan tersebut maka Angkringan Abah Agus karawang di sarankan perlunya peningkatan mutu pelayanan yang diberikan sebagai rangsangan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan angkringan dan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan yang diharapkan juga Perlu adanya proses penilaian yang berkala atas pelayanan yang diberikan sebagai tolak ukur kepuasan yang tepat bagi pelanggan.