Pengembangan Handout Mind Mapping di MI (Materi Sholat Jum’at Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV Kurikulum 2013)

Abstract

Bahan ajar yang sering digunakan di sekolah adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) kerena harganya yang terjangkau membuat sekolah hanya memberikan LKS sebagai penunjang pembelajaran siswa. Kebanyakan bentuk LKS hanya berwarna hitam putih sehingga siswa kurang menarik dan kurang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa hanout mind mapping materi shalat jum’at mata pelajaran fiqih untuk kelas IV madrasah Ibtidaiyyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini mengacu pada penelitian model desain Dick and Carey, yaitu: Analysis Instrutional Goal, Conducting Instructional Analysis, Identifying Entry Behaviors, Writing Performance Objectives, Developing Criterion-Referenced Test, Developing Instructional Strategy, Developing and Selecting Instruction, Designing and Conducting Formative Evaluation, Revising Instruction, Designing and Conducting Summative Evaluation. Pembelajaran dengan menggunakan produk ini menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Produk ini selain berisi gambar yang sesuai dengan tema, mind mapping yang lucu juga terdapat kuis belajar sambil bermain, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain agar pembelajaran lebih menyenangkan.