Peningkatan Hasil Belajar Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi Peternakan/Perikanan Melalui Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 9.G di SMP Negeri 02 Batu
Abstract
Kegiatan Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi siswa maupun guru sebagai pendidik ketika harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau siswa melakukan Belajar Dari Rumah (BDR). Menyikapi perubahan kegiatan pembelajaran (new normal) perlu dipertimbangkan kondisi siswa dan sarana prasarana pendukung baik siswa maupun guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, efektif, kreatif dan menyenangkan. Pada penelitian ini pendekatan pembelajaran jarak jauh yang digunakan adalah semi daring yaitu kegiatan pembelajaran modifikasi daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Penggunaan video sebagai media pembelajaran memberi solusi menghadapi permasalahan dalam meningkatkanhasil belajar siswa pada materi pengolahan bahan pangan setengah jadi peternakan/perikanan dan dapat dijadikan pegangan bagi pengajar mata pelajaran Prakarya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa dan bernilai guna untuk masa sekarang dan akan datang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 02 Batu pada siswa kelas 9G dengan 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 1 x 40 menit. Dari data nilai hasil penelitian siklus I dan siklus II kemudian diolah secara kualitatif dan kuantitatif, menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pengolahan bahan pangan setengah jadi peternakan/perikanan, yaitu : data nilai yang diperoleh dari siswa yang dikategorikan kurang berhasil (KB) mengalami penurunan dari 34,38% menjadi 0%, siswa yang dikategorikan berhasil (B) mengalami penurunan dari 56,25% menjadi 53, 12% dan siswa yang dikategorikan sangat berhasil (SB) mengalami peningkatan dari 9,37% menjadi 46,88%.