Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Picture And Picture di Kelas V SD Negeri 24 Biaro
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan memakai model Pembelajaran Picture and Picture di kelas V SD Negeri 24 Biaro. Beranjak dari data perolehan prosentase nilai di atas juga dapat dilihat bahwa rata-rata perolehan skor kelompok hanya mencapai 55 %. Sedangkan standar keberhasilan minimal yang dipakai adalah 75 % untuk kelas V SD Negeri 24 Biaro Kecamatan Ampek Angkek. Dari catatan lapangan dapat kita lihat bahwa pelaksanaan Model Pembelajaran Picture and Picture yang masih baru bagi anak, maka anak terlihat masih ragu-ragu dan bingung sehingga mengakibatkan kurangnya minat dan perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran. Pada Siklus II, sudah terlihat secara nyata perolehan skor rata-rata perkelompok telah mencapai 77,5%. Dengan model Picture And Picture ini berarti keaktifan dan perhatian siswa sudah mulai terpusat pada pembelajaran dan timbul rasa keingintahuan serta semangat belajar sudah mulai tumbuh. Karena itu, guru dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture harus dapat menyediakan gambar yang jelas dan sesuai dengan materi pembelajaran.