Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IVA SDN 2 Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung TP 2015/2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan SPBM dalam pembelajaran matematika di Kelas IVA SDN 2 Tanjung Gadang Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini, adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Tanjung Gadang. Subjek Penelitian yaitu Peserta Didik kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes. Data di analisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menggambarkan Pelaksanaan pembelajaran dengan SPBM dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan dapat meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan SPBM  yaitu 54,63 meningkat pada siklus I menjadi  72,02. Pembelajaran belum dianggap tuntas jika hasil yang diperoleh di bawah 75% dan untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Dan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,37.