TATA KELOLA PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA PEMATANG JOHAR

Abstract

RINGKASAN - Pelayanan yang optimal dalam penyelenggaraan pemerintahanmerupakan wujud nyata dalam menciptakan pemerintahan yang baik (goodgovernance). Pemberian pelayanan kepada masyarakat juga hasil kerja yang nyatadalam pemerintahan khususnya pemerintahan desa. Dengan demikian, dibutuhkantata kelola yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan pelayanan yangberkualitas. Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,bahwa membentuk pemerintahan desa yang profesional, efisien dan efektif,terbuka serta bertanggung jawab tak terlepas dari optimalnya pelayanan publikdalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk meningkatkan pelayananpublik di pemerintahan desa dapat dilakukan dengan tata kelola yang baik danmelaksanakan program-program yang dapat mendukung kinerja aparatur desadalam melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatkemampuan pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatdi Desa Pematang Johar dan untuk mengetahui tata kelola pemerintahan desaterhadap peningkatan pelayanan publik di Desa Pematang Johar. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilakukan untukmengetahui tata kelola pemerintahan desa terhadap peningkatan pelayanan publikdan mengetahui tingkat kemampuan kinerja pemerintahan desa. Tata kelola yangdilakukan oleh pemerintah desa Pematang Johar tak terlepas dari hasilkepememimpinan yang baik sehingga dapat mengelola dan mengatur sistempemerintahan desa yang baik. Pelayanan yang diberikan oleh pemerintahan desamelalui program e-Desa telah terlaksana dengan baik walaupun belum maksimalkarena keterbatasan kemampuan masyarakat dalam mengimplementasikanprogram e-Desa ini.Kata Kunci: Tata kelola, Pemerintahan Desa dan Pelayanan Publik