PENGARUH ROE, DER, DAN NPM TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR CONSUMER GOODS DI BEI PERIODE 2015-2019

Abstract

RINGKASAN - Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu para investor dalam mengambil sebuah keputusan investasi di pasar modal dengan menganalisis pengaruh dari rasio-rasio keuangan perusahaan terhadap harga sahamnya. Dalam melakukan analisis, terdapat berbagai jenis rasio dengan fungsi yang berbeda. Adapun rasio keuangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) sebagai variabel independen dan Harga Saham sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 24 perusahaan dari populasi yang berjumlah 54 perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 – 2019. Dari hasil analisis regresi linear berganda, diproleh hasil pengujian secara parsial, yakni variabel ROE (X1) berpengaruh terhadap harga saham (Y) perusahaan sektor industri consumer goods periode 2015-2019, variabel DER (X2) dan NPM (X3) tidak berpengaruh terhadap harga saham (Y) perusahaan sektor industri consumer goods periode 2015-2019. Sedangkan secara simultan, variabel ROE (X1), DER (X2), dan NPM (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel harga saham (Y) perusahaan sektor industri consumer goods periode 2015-2019 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 27,2%.Kata Kunci: Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, dan Harga Saham.