PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodeCooperative Learning terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan diSMA Swasta Kristen BNKP Gunung Sitoli. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelasX SMA Swasta Kristen BNKP Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Tahun Pelajaran2019/2020. Sedangkan objek penelitiannya yaitu model pembelajaran cooperativelearning yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas, dimana kegiatan pelaksanaannya secaragaris besar terdiri dari empat tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)observasi dan, 4) refleksi. Pelaksanaan penelitian ini direncanakan dalam 2 siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learningdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.Penerapan metode cooperative learning dapat meningkatkan prestasi belajar padamata pelajaran bahasa Inggris siswa. Penerapan metode cooperative learningdapat meningkatkan aktivitas guru pada proses pembelajaran mata pelajaranbahasa Inggris.Kata kunci : Cooperative Learning, Prestasi Belajar dan Bahasa Inggris