Penguatan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Pertahanan Usaha Mikro Milik Warga

Abstract

Dampak dari pandemi Covid-19 membuat semua sektor terdampak tanpa terkecuali sektor ekonomi, semua kondisi yang ada terpaksa untuk dirubah dan mesti menyesuaikan jika tidak melakukannya maka akan tertinggal. Hal ini yang dialami para pengusaha mikro, pendapat mereka terus menerus menurun secara drastis akibat fenomena ini. Jika terus dibiarkan tanpa dilakukan perubahan dan usaha pertahanan makatidak akan ada harapan bagi usahanya untuk bertahan apalagi berkembang. Belum lagi urusan yang menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup, yang mana mereka hanya mengandalkan dari hasil pendapatan bersih usahanya. Perubahan perlu dilakukan salah satunya melalui pembinaan terhadapa warga pemilik usaha mikro, dengan memberikan muatan materi yang berfokus pada penerapan strategi pemasaran yang efektif disesuaikan dengan kondisi saat ini. Meskipun mereka telah mendapatkan bantuan modal dari Pemerintah hal ini tetap harus dilakukan guna menambah kapasitas para pemilik usaha mikro agar dapat secara mandiri mempertahankan usahanya bahkan bisa mengembangkannya, sehingga dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya yang pada akhirnya dapat membantu menciptakan kesejahteraan terhadap para pemilik usaha mikro.