Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa PAndemi Covid-19

Abstract

Rendahnya etos belajar peserta didik Proses pembelajaran daring sepanjang pandemi Covid-19 ini ditunjukkan dengan adanya sikap peserta didik yang kurang menghargai proses belajar, bahkan mereka asyik dengan dunianya sendiri (seperti, bermain game, streaming Youtube, tidur, jalan-jalan) tanpa menghiraukan guru yang sedang menjelaskan materi. Tak terkecuali, masalah ini juga dialami oleh guru-guru di pondok pesantren Nurul Huda, Bekasi, di mana mereka dituntut untuk mengembangkan kapasitasnya sebagai guru dalam proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan, gembira dan berbobot (Paikem Gembrot) guna mesntimulus pembelajaran dan peningkatan etos belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengbdian kepada masyarakat program kemitraan masyarakat (PPM PkM) ini memberikan penguatan softskill guru melalui kegiatan pengembangan media pembelajaran melalui 1) pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan media pembelajaran Hot Potatoes bagi guru guna memberikan penguatan softskill dalam upayanya meningkatan etos belajar peserta didik; (2) mengimplementasikan pendampingan kepada guru guna mengetahui pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan; (3) memberikan wadah bagi guru untuk mengembangkan kreativitas model dan pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung pada peningkatan etos belajar peserta didik.