Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur

Abstract

Desa/Kelurahan adalah unit pemerintahan daerah terkecil, sebagai bagian integral dari akuntansi pemerintah daerah Kabupaten atau Kota dalam NKRI, maka pertanggungjawaban keuangan Desa/Kelurahan sebaiknya diatur secara nasional. Akuntabilitas merupakan salah satu asas dalam penyelenggaraan Desa. Akuntabilitas harus diterima umum, sehingga sarana pertanggungjawaban perlu diatur dengan standar nasional. Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan institusi. Sepanjang institusi masih menggunakan uang sebagai alat transaksi, akuntansi sangat dibutuhkan oleh institusi. Akuntansi akan memberikan beberapa manfaat, antara lain: dapat mengetahui posisi dana baik sumber maupun penggunaannya, dapat membuat anggaran yang tepat, dapat menghitung pajak, dan dapat mengetahui aliran uang tunai selama periode tertentu. Penggunaan akuntansi dapat mendukung tercapainya good corporate governance (GCG) khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Berdasarkan hal diatas perlu dilakukan pelatihan bagi pegawai di kelurahan dalam hal mengelola keuangan dan menyusun laporan keuangan dengan menggunakan akuntansi. Program pelatihan yang ditawarkan berupa pelatihan akuntansi sederhana bagi pegawai kelurahan dan dapat segera diaplikasikan dalam operasionalnya.