KARAKTER PENDIDIK DALAM KITAB HADIS SAHIH AL-BUKHARI

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk meneliti karakter pendidik dalam kitab hadis Sahih al-Bukhari. Penelitian ini perlu diadakan mengingat adanya sebagian pendidik pada hari ini, tidak dapat dijadikan sebagai tauladan yang baik oleh peserta didiknya, karena jauhnya mereka dari nilai dan akhlak islami yang terdapat dalam Alquran dan Hadis yang seharusnya dimiliki oleh pendidik. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa di dalam kitab hadis Sahih al-Bukhari terdapat karakter pendidik, yaitu: 1. Ikhlas karena Allah sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh „Umar ibn al-Khattab, 2. Takwa sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu„man ibn Basyir, 3. Berilmu sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh „Abdullah ibn „Amr ibn al-„As, 4. Konsekuen, perkataan sesuai dengan perbuatan sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Usamah ibn Zaid ibn al-Hariśah, 5. Lemah lembut dan kasih sayang sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 6. Memperhatikan keadaan peserta didik sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Wail dari „Abdullah ibn Mas„ud, 7. Jujur dalam perkataan dan perbuatan sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, 8. Sabar sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 9. Tawadu‘ sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas ibn Malik, 10. Adil sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu„man ibn Basyir, 11. Bertanggung jawab sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh „Abdullah ibn „Umar.