PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT SYEKH ABDURRAHMAN HASAN AL-MAIDANI DALAM KITABNYA AL-AKHLAQ ALISLAMIYAH WA USHULUHA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER MASA KINI
Abstract
Pendidikan karakter sangat penting diberikan kepada peserta didik untuk mencapai visi pendidikan bangsa menjadikan generasi muda menjadi generasi emas harapan bangsa. Syekh Abdurrahman di dalam kitabnya telah menjelaskan prinsip dasar pendidikan karakter yaitu Pembinaan dilakukan secara bertahap, memperlakukan semua orang dengan cara yang sesuai dengan tipe dan karakternya masing-masng, mencari momen yang tepat untuk melakukan pembinaan, pembinaan sesuai fitrah, adanya pengarahan dan pemindahan, pemberian motivasi untuk meningkatkan pilihan, menyibukkan dan membiasakan diri dengan perkara positif, menyalakan motivasi dari dalam diri (internal). Sarana dan metode yang dilakukan dalam membentuk karakter mulia menurut Syekh Abdurrahman adalah: latihan diri atau praktik langsung, tinggal di lingkungan yang baik, adanya orang yang bisa dijadikan panutan atau qudwah yang baik, adanya tekanan moral dari masyarakat muslim, perlunya pemimpin di negeri muslim ikut aktif dalam mengupayakan kesuksesan pendidikan karakter karena andil dan pegruh mereka sangat besar. Syekh juga menjelaskan karakter utama yang menjadi target pendidikan karakter yaitu: karakter menyukai kebenaran, penyayang, ambisi besar, suka bergaul dan bermasyarakat, berjiwa sosial, penyabar, dermawan, pemaaf dan berkemauan keras. Peneliti mendapati bahwa apa yang disampaikan oleh Syekh Abdurrahman itu sangat relevan untuk dipraktikkan dan dijadikan salah satu rujukan materi pendidikan karakter atau akhlak yang dilaksanakan di sekolah atau lembaga pendidikan lannya.