DAMPAK KETERAMPILAN DOSEN DALAM PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengelolaan kelas yang dilakukan oleh dosen dalam pembelajaran bahasa Arab kelas PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan dampaknya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, dan wawancara melalui pedoman observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Analisis dalam penelitian disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian dosen mata kuliah Kalam, dan Mahasiswa kelas PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kesimpulannya adalah keterampilan pengelolan kelas yang dilakukan oleh dosen mata kuliah kalam dalam menyiapkan kelas, pengendalian perilaku mahasiswa, menyajikan materi, mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menjadi faktor ekstrinsik mahasiswa terhadap motivasi belajar mereka.