STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS PADA KANTOR PEGADAIAN SYARIAH UNIT PASAR BARU ABEPURA

Abstract

Strategi Pemasaran Produk Gadai di Kantor Pegadaian Syaraiah Unit Pasar Baru Abepura. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi yang dilakukan dan kendala yang dihadapi Pegadaian Syariah Unit Pasar Baru Abepura untuk menarik minat masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan mampu menarik minat masyarakat terutama di produk gadai emas (rahn) yang merupakan salah satu allternatif pendanaan yang tidak menyulitkan nasabah untuk mendapatkan pinjaman uang. Pegadaian syariah tidak menekankan pada pemberian bunga. Namun, pegadaian syariah sendiri memperoleh keuntungan dari biaya penitipan jasa (barang) yang digadaikan. Promosi yang dilakukan dengan cara pembagian brosur, melalui media sosial, dan juga pemasangan pamflet. Strategi tempat yang dinilai sangat strategis karena berada dipinggir jalan mampu memberikan kemudahan masyarakat untuk tidak terlalu susah mencari outlet di Pegadaian Syariah sendiri. Para pegawai yang sudah mahir serta ramah dan sopan serta proses peminjaman yang cepat dan juga fasilitas yang membuat nyaman para nasabah. Kendala yang dihadapi seperti cuaca yang menghambat dalam pembagian brosur namun untuk mengatasi kendala tersebut mereka juga memasarkan kepada para nasabah yang datang ke outlet atau kantor.