PERMAINAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui permainan balok usia 5-6 tahun di TK Amanah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis Penelitian yang dipakai yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan variabel terkait dengan mamakai kegiatan permainan balok yang meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menghitung skor kesuksesan atau ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dengan diterapkannya kegiatan permainan balok mulai dari observasi awal dengan presentase 53%, pelaksanaan siklus I 69% dan siklus II meningkat menjadi 80% kecerdasan logika matematika anak dapat meningkat dari belum berkembang sampai berkembang. Sehingga bisa mencapai standart yang diharapkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa permainan balok dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun.