PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK TENAGA PENGAJAR DI TK LABSCHOOL IKIP PGRI JEMBER
Abstract
Pengembangan media video tentang Number Head Together (NHT) di TK LABSCHOOL IKIP PGRI JEMBER, dilatar belakangi sulitnya tenaga pengajar menerapkan model-model pembelajaran, hal tersebut karena tenaga pengajar hanya sekedar membaca buku tanpa tahu seperti apa penerapkan yang benar selaian itu tidak adanya waktu tenaga pengajar untuk mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Wiliam W. Lee & Diana L. Owens. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Penerapan (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Produk media yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yakni dosen IKIP PGRI Jember. Selanjutnya diuji coba pada enam tenaga pengajar untuk menguji kemenarikan dan kemudahan penggunaan medi video.Produk yang dihasilkan berupa media videoNumber Heads Together dalam bentuk program aplikasi sehingga dapat di-copy-paste kan pada setiap komputer/laptop pengguna. Produk ini pun dikemas dalam bentuk CD juga penyimpanan digital (flashdisk) dan disertai pula buku petunjuk. Berdasarkan hasil perhitungan angket aspek kelayakan yang diperoleh dari ahli materi 85% yang berarti layak, dari ahli media 65% yang berarti layak digunakan. aspek kemudahan yang diuji coba pada tenaga pengajar memperoleh presentase 85% yang berarti media videoNumber Heads Together mudah digunakan. aspek kemenarikan yang diuji cobakan pada tenaga pengajar memperoleh presentase 88,5% yang berarti media videoNumber Heads Together menarik digunakan. Saran yang diajukan, kepada kepala sekolah adalah media videoNumber Heads Together dapat dijadikan sebagai alternatif untuk tenaga pengajar dalam mempelajari kooperatif tipe number heads together, supaya dapat memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran.