MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DIPAUD BUNGA INDAH 09 YOGYAKARTA

Abstract

Keberadaan PAUD yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Yogyakarta terbilang masih sedikit padahal jenjang PAUD memiliki peran yang signifikan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan PAUD inklusif yakni di PAUD Bunga Indah 09. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi.hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen pendidikan yang  diterapkan sama dengan PAUD pada umumnya, namun dari sisi peserta didik, tenaga pendidik,dan pembiayaan memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut yakni terletak pada terdapat ABK di PAUD tersebut, tenaga pendidik yang cendrung berbasis masyarakat, dan sumber pembiayaan yang mencukupi dari pemerintah.