MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI LAMBANG DAN LOGO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR RAHMAN MAKROMAN SAMBUTAN SAMARINDA
Abstract
Anak didik yang baru memasuki awal pendidikan dini kebanyakan dari mereka masih memiliki kemampuan bahasa yang masih minim. Peneliti melakukan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak didik dengan cara mengenalkan lambang dan logo yang mudah di ingat. Oleh karena itu apakan melalui lambang dan logo dapat meningkakan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda. Tujuan dari penelitian ini diharapkan melalui lambang dan logo dapat meiningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda. Kegiatan dilaksanakan dengan metode tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus kegiatan, pelaksanaan penelitian ini di bantu oleh guru kelas sebagai pelaksana dan peneliti sebagai pengamat. Anak didik usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda menjadi subjek penelitian ini. Anak sangat antusias dalam kegiatan ini dan tentu dapat membantu anak didik untuk lebih cepat memahami komunikasi yang ada melalui simbol-simbol, gambar, angka dan huruf yang terdapat pada lambang dan logo sehingga kemampuan anak didik dalam memahami bahasa bisa meningkatkan dengan baik. Hasil kalkulasi akhir pada siklus II berarti kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan dari siklus I 54,5% menjadi 91,5%, persentase peningkatan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan logo dan simbol sekitar 37%.