KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat kesiapan memasuki Sekolah Dasar (SD) pada anak yang bersekolah di Taman Kanak-kanak (TK) program full-day ditinjau dari tingkat pendidikan orangtuanya. Fenomena perilaku orangtua yang sudah merasa cukup bila anak disekolahkan di TK, dan kurang mengoptimalisasikan latar belakang pendidikan yang dimilikinya untuk mendidik anaknya. Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap pengetahuan, nilai, dan tujuan tentang pengasuhan. Tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat meningkatkan fasilitas orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak, juga memungkinkannya untuk memperoleh model keterampilan sosial dan strategi pemecahan masalah yang kondusif bagi sekolah untuk keberhasilan anak.Penelitian ini menggunakan subjek pada dua TKIT B full-day di Banyudono Boyolali, dengan sejumlah subjek sebanyak 85 orang, Alat ukur yang dipergunakan : NST, Frosting, dan CPM. Hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar = -1,998 dengan signifikansi 0,049 (p<0,05), artinyahasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan tingkat kesiapananak-anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan Perguruan Tinggi(PT)dibandingkan tingkat kesiapan anak-anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan Sekolah Menengah (SM). Anak anak yang memiliki orang tua yang tingkat pendidikan PTlebih siap dibandingkan anak-anak yang memiliki orang tua yang pendidikannya SM.