Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia Dini di TK Berdikari Sukorambi Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bercerita terhadap kosakata anak usia dini pada siswa kelompok A TK Berdikari, Sukorambi, Jember, Tahun Ajaran 2015 – 2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden yang digunakan sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Chi-Kuadrat, yaitu untuk mencari perbedaan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Artinya apakah ada atau tidak ada perbedaan antara variabel X dengan Y. berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai X2 hitung (6,003) lebih besar (>) dari nilai X2 tabel (3,841).  Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap peningkatan kosakata anak usia dini pada siswa kelompok A TK Berdikari Jember.