Pengaruh Permainan Lompat Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Jember
Abstract
Masa anak usia dini disebut juga dengan golden age dimana pada masa ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat diberbagai aspek. Sedangkan capaian perkembangan dari mengenal lambang bilangan yang harus dimiliki oleh anak usia 4-5 tahun adalah anak mampu mengenal, menyebutkan, dan menunjukkan lambang bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan lompat angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Rambipuji Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre-experiment design dalam bentuk one shot case study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksananakan tanpa adanya kelompok perbandingan dan juga tes awal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 anak. Analisis data dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat (X2). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai X2 hitung lebih besar dari pada X2 tabel (7,45 > 3,84), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan lompat angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 di TK ABA 1 Rambipuji.