Pengaruh Permainan Menggiring Bola Terhadap Kemampuan Menulis Awal Anak Usia Dini di TK An-Nur Langsepan Sumbersari Jember
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan menarik, karena usia dini merupakan awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu jenis permainan yang bisa digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah permainan menggiring bola dengan menggunakan media. Media yang digunakan dalam permainan ini menyerupai lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh permainan menggiring bola terhadap kemampuan menulis awal. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK An–Nur Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Berdasarkan data hasil analisis didapatkan nilai X2 hitung = 12,96 dan nilai X2 tabel dengan responden (N) = 45, taraf signifikan 5% diperoleh = 3,84, yang berarti nilai X2 hitung lebih besar dari nilai X2 tabel. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh permainan menggiring bola terhadap kemampuan menulis awal anak usia dini Kelompok A di TK An–Nur.