Pengaruh Bermain Tutup Botol Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Kelompok A TK Kartini Curah Buntu Jenggawah Kabupaten Jember
Abstract
Bermain tutup tutup botol angka sangat efektif digunakan sebagai pembelajaran berhitung permulaan anak TK, karena anak tidak mudah merasa bosan. Berhitung permulaan bagi anak usia dini bertujuan untuk mengetahui dasar-dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, termasuk penelitian pre ekxperiment dengan model eksperimen tidak murni yaitu one shot case study. Pengambilan responden penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 53 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Chi-kuadrat (X2). Hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan nilai X2 hitung = 4,78 lebih besar dari nilai X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara bermain tutup botol angka terhadap kemampuan berhitung permulaan siswa kelompok A TK Kartini Curah Buntu Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.