Pengaruh Permainan Menyusun Balok Terhadap Kemampuan Membilang Anak Usia Dini di TK Al-Hikmah Ajung Kabupaten Jember
Abstract
Kemampuan membilang peserta didik pada anak usia dini kelompok A TK Al-Hikmah, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember masih rendah, sehingga dalam kegiatan pembelajaran ini perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan membilang di TK Al-Hikmah dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan menyusun balok. Responden penelitian di TK Al-Hikmah berjumlah 20 anak dengan usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu permainan menyusun balok dan variabel terikat yaitu kemampuan membilang. Metode analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Hasil analis X2 hitung = 7,212 sedangkan X2 tabel Chi-kuadrat dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5%, diperoleh nilai X2 tabel = 3,841. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu ada pengaruh permainan menyusun balok terhadap kemampuan membilang anak kelompok A TK Al-Hikmah. Sedangkan analisis koefisien kontingensi diperoleh KK = 0,514. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang sedang antara permainan menyusun balok terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Al-Hikmah Jember tahun pelajaran 2016/2017.