Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan  senam  irama pada anak usia  5-6 tahun  di TK Al-Hidayah  85 Ambulu  Jember.  Kemampuan  motorik  kasar  sangat  diperlukan  oleh  anak untuk melangsungkan kehidupannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah 85 Ambulu yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember mengalami peningkatan  pada  semua aspek penilaian  disetiap  siklus yang telah dilakukan.  Adapun  upaya  yang  dilakukan  untuk  meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu adalah dengan gerakan melompat dua kaki, mengangkat kedua tangan, dan menggerakkan kekiri dan kekanan.