Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember. Kemampuan motorik kasar sangat diperlukan oleh anak untuk melangsungkan kehidupannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah 85 Ambulu yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu Jember mengalami peningkatan pada semua aspek penilaian disetiap siklus yang telah dilakukan. Adapun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motorik kasar melalui kegiatan senam irama di TK Al-Hidayah 85 Ambulu adalah dengan gerakan melompat dua kaki, mengangkat kedua tangan, dan menggerakkan kekiri dan kekanan.