Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode One Day One Ayat (ODOA) di PAUD Aster 23 Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode One Day One Ayat serta peningkatan daya ingat anak dalam menghafal Al-Qur’an pada kelompok B PAUD Aster 23 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B PAUD Aster 23 Kaliwates Jember sebanyak 9 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan bulan Juli sampai bulan Agustus 2020. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, bahwa metode One Day One Ayat dapat meningkatkan kemampuan daya ingat anak dalam menghafal Al-Qur’an kelas B di PAUD Aster 23 Jember. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase dari sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Pelaksanaan siklus I memperoleh persentase sebesar 70,30% yang meningkat dari sebelum dilakukan tindakan. Kemudian meningkat secara signifikan pada siklus II dengan perolehan hasil persentase sebesar 82,80% dikarenakan metode penyampaian dalam mengajar yang berbeda sehingga stimulasi yang diberikan kepada anak dapat tuntas dan tidak mengalami kesulitan.