Tinjauan Kecurangan Akademik dari Perspektif Fraud Diamond

Abstract

AbstractThis research aims to prove the existence of the Fraud Diamond Theory in academic fraud at the Accounting Department State Polytechnic of Malang. The sample was determined based on a simple random sampling method with 374 students and a multiple regression method. This study shows that three elements of fraud diamond theory (pressure, opportunity, and rationalization) partially have a positive effect on academic fraud. On the contrary, the capability has a negative impact on the student’s academic fraud behavior. This research concludes that students in the Accounting Department State Polytechnic of Malang know and are aware of academic fraud caused by pressure, opportunity, and rationalization.  AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan teori fraud diamond dalam academic fraud di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel ditentukan berdasarkan metode simple random sampling sebanyak 374 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tiga dimensi dalam fraud diamond yakni pressure, opportunity, dan rationalization secara parsial berpengaruh positif terhadap academic fraud, berbalik dengan sedangkan capability yang berpengaruh negatif. Melalui hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa Jurusan Akuntansi mengetahui dan menyadari bahwa mereka melakukan academic fraud yang dipengaruhi oleh pressure, opportunity, dan rationalization.   AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan teori fraud diamond dalam academic fraud di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel ditentukan berdasarkan metode simple random samplingsebanyak 374 orang mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis regresi multipel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tiga dimensi dalam fraud diamond yakni pressure, opportunity, dan rationalization secara parsial berpengaruh positif terhadap academic fraud, berbalik dengan sedangkan capabilityyang berpengaruh negatif. Melalui hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan mahasiswa Jurusan Akuntansi mengetahui dan menyadari bahwa mereka melakukan academic fraud yang dipengaruhi oleh pressure, opportunity, dan rationalization.