PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SDN LAWANGAN DAYA PAMEKASAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan permainan tradisional benteng sebagai media dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Pengembangan panduan permainan tradisional benteng sebagai media untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa, peneliti menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan R&D (research and development) Borg & Gall. Efektifitas produk panduan permainan benteng berdasarkan kesesuaian produk terhadap karakteristik pengguna, yaitusiswa kelas VI SD dan juga kesesuaian produk dengan indikator perkembangan kecerdasan emosional siswa.  Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan sebelum dan sesudah menggunakan panduan permainan tradisional benteng. Hasil uji keefektifan produk panduan permainan tradisional benteng adalah nilai t hitung > t tabel (4.827 > 2.160) sehingga penggunaan produk panduan permainan tradisional benteng efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional.