STRATEGI RADIO SUARA PADANG FM DALAM PENGELOLAAN SIARAN DAKWAH
Abstract
Permasalahan penelitian ini bagaimana strategi Radio Suara Padang FM dalam pengelolaan siaran dakwah. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan strategi Radio Suara Padang FM dalam pengelolaan siaran dakwah. Penelitian ini menggunakan metodeĀ pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumenter. Sumber data penelitian ini adalah kordinator siaran, divisi dakwah dan penyiar Radio Suara Padang FM. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Strategi Radio Suara Padang FM dalam pengelolaan siaran dakwah adalah (1) pengelolaan siaran dakwah dikelola oleh divisi dakwah dengan melibatkan staff dan penyiar, target pendengar masyarakat Kota Padang. (2) Keterlibatan penyiar dalam pengelolaann siaran dakwah adalah kemampuan menguasai materi dalam bersiaran dan menerapkan konsep dakwah itu sendiri. (3) Faktor penghambat siaran dakwah di Radio Suara Padang FM adalah kurangnya pemasukan iklan serta kalau seandainya listrik padam. Adapun cara mengatasi hambatan siaran dakwah adalah dengan memperbanyak link dan pemasukanĀ serta menelpon teknisi jika listrik padam. Evaluasi yang dilakukan penyiar Radio Suara Padang FM, dengan melakukan evaluasi rutin setiap bulannya.