Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Mengajar dengan Kinerja Guru IPS SMP di Provinsi Maluku Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui klasifikasi tinggi atau rendahnya tingkat kecerdasan emosional (Emotional Quotien, EQ), motivasi mengajar dan kinerja guru, (2) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru guru, (3) mengetahui hubungan antara motivasi mengajar dengan kinerja guru guru, dan (4) mengetahui hubungan antara EQ dan motivasi mengajar dengan kinerja guru. Penelitian ini dengan metode ex-postfacto.Sampel dalam penelitian ini adalah guru IPS SMP di Provinsi Maluku Utara tahun 2019/2020. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa: (1) EQ, motivasi mengajar dan kinerja guru, termasuk dalam kategori tinggi;EQ dan kinerjaguru, termasuk dalam kategori tinggi;motivasi mengajar dengan Kinerja guru, termasuk dalam kategori sedang; (2) terdapat hubungan kuat positif antara EQ dengan kinerjaguru sebesar 0,634; (3) terdapat hubungan kuat positif antara motivasi mengajar dengan kinerja guru sebesar 0,641; dan (4) terdapat hubungan kuat positif antara EQ dan motivasi mengajar dengan kinerja guru sebesar 0,772.