Faktor Penghambat Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Masa Pendemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor penghambat siswa Sekolah Dasar (SD) dalam meningkatkan prestasi belajar di masa pandemik Corona Virus Disease (COVID-19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, data dikelompokkan, diseleksi dan selanjutnya dianalisis dengan metode kuantitatif, dengan jalan menguraikan hasil penelitian lapangan. Hasil dari analisis yang akan memberikan jawaban tentang permasalahan yang ada. Hasil analisis data untuk prestasi belajar siswa diketahui ada dua faktor yang menyebabkan menurunnya prestasi belajar siswa yakni faktor intern meliputi minat membaca buku, keaktifan bertanya, waktu belajar dan frekuensi belajar setiap hari. Sedangkan faktor ekstern meliputi suasana rumah, fasilitas belajar, suasana kelas, ketepatan mengumpulkan tugas dan kondisi tempat tinggal.