Pengaruh Penerapan Media Teka-teki Silang Diakhir Pembelajaran Model Discovery terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media teka-teki silang (TTS) diakhir pembelajaran model discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar yang terdiri dari 7 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random. Variabel bebas adalah media TTS diakhir model pembelajaran discovery dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tanpa menggunakan media TTS diakhir pembelajaran menggunakan discovery learning tanpa TTS. Hasil analisis data baik secara deskriptif menunjukkan rata-rata hasil belajar dalam bentuk N-Gain peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berturut-turut adalah 0.649 dan 0.527 termasuk (kategori sedang). Sedangkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil pengujian hipotesis terhadap hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh thitung=2,652>ttabel=1,67. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media TTS pada akhir model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.