Upaya Peningkatan Teknik Smash Bola Voli melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning pada Siswa Kelas X SMA Ma'arif Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bola voli teknik smash pada siswa kelas X SMA Ma’arif Ngawi melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif ngawi kelas X sebanyak 16 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus masing-masing tiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumplan data ini mengunggkan observasi dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan tes awal, 62,5% siswa tidak tuntas atau sebanyak 10 siswa, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus I untuk memperbaik nilai ketuntasan siswa. Pada siklus I 56,2% siswa tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran atau sebnyak 9 siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan yang baik 15 siswa tuntas dalam melaksanakan pembelajaran atau sebanyak 93,75% yang tuntas. Jadi terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bola voli teknik smash.