PEMAMFAATAN MEDIA SEBAGAI SARANA DAKWAH DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus Kota Duri)
Abstract
Dakwah merupakan salah satu pilar pokok bagi terpeliharanya eksistensi Islam di muka bumi. Pada hakekatnya dakwah tidak hanya sekedar menyampaikan seperangkat nilai normatif doktrinal, tetapi dalam penyampaian pesannya, da’i harus menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapi oleh masyarakat saat ini agar tidak terpuruk dalam kemaksiatan. Era globalisasi dan informasi yang berkembang saat ini telah menjadikan media massa seperti pers, radio, televisi, internet, telepon sebagai alat yang dapat digunakan untuk membantu keberhasilan komunikasi antar manusia, termasuk komunikasi dalam proses dakwah. Selain itu era globalisasi yang dapat mempengaruhi masyarakat juga menjadi pertimbangan seorang da’I dalam menyikapi permasalahan ditengah masyarakat. Tentunya hal tersebut tidaklah tertumpa pada seorang da’I saja melainkan harus adanya kolaborasi antara stakeholder untuk merumuskan arah dan tujuan kota duri dimasa akan datang.