IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 89 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan subfokus kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan pengaruh ideal dan kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan perhatian individu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kepala tata usaha, dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan pengaruh ideal di SMA Negeri 89 Jakarta yaitu kepala sekolah yaitu menjadi teladan yang baik, memecahkan masalah misalnya dalam kedisiplinan guru dan pegawai dengan cara mengamati dan menegur secara personal. Kepala sekolah memberikan penghargaan atas prestasi guru dan pegawai seperti ucapan terimakasih dan memberikan reward. (2) kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan perhatian individu di SMA Negeri 89 Jakarta yaitu kepala sekolah selalu menindaklanjuti kebutuhan guru dan pegawai, selalu mengadakan workshop, dan pelatihan seperti MGMP internal maupun MGMP eksternal, dan pelatihan IHT (In House Training) yang merupakan program pelatihan internal, dan memberikan kesempatan belajar bagi para guru dan pegawai untuk melanjutkan studi.